PERENIALISM IN ERA GLOBALIZATION

Alwi Khudaeri

Abstract


ABSTRACT

Perenialisme is a stream in education who were born in the 20th century, as a reaction to progressivism education. Globalization has now entered the public worldwide, resulting interdependence in all aspects of life. Globalization has brought a broad impact in people's lives. The effect it has not all are positive there is also a negative for the life of air-society, nation and bernegera. For Indonesia, this era is a challenge. In order to prepare the next generation is not lost their identity sebagaai Indonesian nation. Substance Perenialisme philosophy is one alternative that should be applied in education.

 

Key word: perennial, globalization, culture


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Tafsir. (2004). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Rosdakarya, Bandung.

Al-Zarnuji, Syekh. t. th.. Ta’lim al-Muta’allim Thoriq al-Ta’allum.Toha Putera, Semarang, t.th.

Anthony Giddeens, Runaway World. (2004).Bagaimana Globalisasi merombak Kehidupan Kita. Gremedia, Jakarta.

Azyumardi Azra.(1998).Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Logos, Jakarta.

Brameld, Theodore, (1955). Philosophies Of Education In Culture Perspective, New York, Holt, Rinehart & Winston.

D. Yanto, S.S. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, Nidya Pustaka, Surabaya, t.th.

Dirjen Pendis Depag, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab. I Pasal 1.

Dep.Agama, (2006)Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, Jakarta,.

Fatih Syuhud, A. “Tantangan Pendidikan Islam di Era Globalisasi”. http://afatih.wordpress.com/2005/09/06/tantangan-pendidikan-islam-di-era-globalisasi.

Ferry Hidayat, Adat Babuhul Mati; Aliran Kepercayaan; The Tehesophical Society, tth.

Gunaryadi. (2006) “Pendidikan Nasional, Globalisasi, dan Peranan Keluarga”. http://sekolahindonesia.nl/globalisasi-pendidikan.pdf

I.R. Pudjawijatna, (1963)Pembimbing kearah Alam Filsafat, P.T. Pembangunan, Jakarta.

Imam Bernadib, (1996). Dasar-Dasar Kependidikan: Memahami makna dan Perspektif Beberapa Teori Pendidikan, (Ghalia Indonesia, Jakarta.

___________, (1994) Filsafat Pendidikan, Sistem dan Metode, Yogyakarta, Andi Offset.

Imam Zamroni, M..(2004) “Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Rekonstruksi Sistem Pendidikan Nasional Menuju Pendidikan Berbasis Kerakyatan. Dalam Imam Machali. Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi: Buah Pikiran Seputar; Filsafat, Politik, Ekonomi, Sosial, dan Budaya.(Ar-Ruzz,Yogyakarta.

Jalaluddin, Abdullah Idi (2011), Filsafat Pendidikan. Manusia, Filsafat, dan Pendidikan, (PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Joe Park, (1958) Selected Reading in the Philoshopy of Education, New York, The MacMillan Company.

M. Alwi Kaderi, (2011) Filsafat Pendidikan, PT. KliS Printing Cemerlang, Yogyakarta.

M. Djumransjah, (2006) Filsafat Pendidikan, Bayumedia Publishing, Malang.

Miftahuddin. (2006). “Konsep Profil Guru dan Siswa: Mengenal Pemikiran al-Zarniji Dalam Ta’lim Al-Muta’allim dan Relevansinya. Cakrawala Pendidikan,Th. XXV, No. 2.

Mochtar Buchori. (1994). Sepektrum Problematika Pendidikan di Indonesia. Tiara Wacaana, Yogyakarta.

Muhammad Noor Syam, (1986). Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila, Usaha Nasionan, Surabaya, Indonesia.

Nurani Sotomukti, (2008)Pendidikan Berperspektif Globalisasi, Ar- Ruz Media Group, Yokyakarta.

Nurcholis Madjid, (2004). Indonesia Kita, Gramedia, Jakarta.

Pengaruh Globalisasi,(2013, Januari 1) www – blogmerko – blogspot. Com.

Suyanto, (2004, Mei 29). Persoalan Pengangguran dan Pendidikan, Kompas.

Tilaar, H.A.R. Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia: Strategi Reformasi

Piötr Sztompka. (2004). Sosiologi Perubahan Sosial. Terj. Alimandan dari “The Sociology of Social Change”.Prenada, Jakarta.

Sri Hartana. (2004). “Reformasi Total dalam Pembinaan Moral”. Suara Merdeka, Senin, 27 September.

Sudarwan Danim. (2006).Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v6i1.1300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Alwi Khudaeri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter