Dakwah Komunikasi Visual Melalui Instagram Akun @HADITSKU

Nur Rizky Toybah

Abstract


Penelitian ini berdasar pada pemikiran bahwa kurangnya penelitian yang meneliti sesuai dengan konsentrasi RTV, salah satu penelitian yang sesuai dengan konsentrasi adalah penelitian menggunakan media sosial. Instagram merupakan bagian dari media sosial. Instagram lebih menekankan konsep visual yang dihubungkan dengan disiplin ilmu komunikasi yaitu komunikasi visual. Disertai dengan pemilihan akun yang mengarah kepada nilai dakwah. Akun tersebut adalah akun instagram @haditsku.  Permasalahan diteliti berkenaan dengan pesan dakwah yang dibagikan melalui gambar akun instagram @haditksu dan interpretasi dakwah yang dikaitkan dengan unsur komunikasi visual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik analisis isi (Content Analisys). Hasil penelitian diketahui  akun instagram @haditksu memposting gambar berkaitan dengan pesan akidah, syariah, dan akhlak. Adapun interpretasi dakwahnya diketahui berdasar dengan objek dan teksnya dan adapula yang berdasar dari teksnya saja, diikuti dengan unsur komunikasi visual yaitu garis, bentuk, tekstur, gelap terang, ukuran, warna, tipografi dilihat dengan dua prinsip komunikasi visual yaitu keseimbangan (Balance) dan kesatuan (Unity). Disimpulkan bahwa akun instagram @haditsku merupakan akun yang menyebarkan dakwah melalui media sosial. Dalam gambar yang dibagikan banyak mengandung pesan-pesan untuk kehidupan sehari-hari baik masalah akidah, syariah, dan akhlak. Pesan yang paling dominan disampaikan adalah pesan akhlak. Jenis gambar yang dibagikan dengan objek yang sesuai dan teks yang berguna untuk intropeksi diri. Setiap gambar yang dibagikan juga berbentuk motivasi untuk diri untuk melakukan kebaikan. Interpretasi dakwah sesuai dengan objek dan teks gambar dan diketahui pula gambar yang dibagikan mengandung unsur komunikasi visual yaitu gambar yang memenuhi diantaranya: garis, bentuk, tekstur, gelap terang, ukuran, warna, tipografi, prinsip komunikasi visual, keseimbangan, dan kesatuan. Juga memiliki prinsip komunikasi visual diantaranya keseimbangan dan kesatuan.  


Keywords


Dakwah, Komunikasi Visual, Media Sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nur Rizky Toybah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.