Pengaruh Komunikasi Politik Pasangan Calon Kepala Daerah Terhadap Pemilih Dikalangan Mahasiswa Di Banjarmasin

Samsul Rani

Abstract


This study aims to determine the effect of political communication regional head candidates to voters among students in Banjarmasin, the research approach used quantitative and qualitative, with a sample of students IAIN Antasari and Pearson correlation analysis method. The results showed that there was no correlation singnifikan between ad campaigns and political messages to the perception of voters, in other words, students are not affected by advertising campaigns in determining the choice. In addition the level of education, social environment, family environment, the system's values, and so forth can influence the perception of voters.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi politik pasangan calon kepala daerah terhadap pemilih dikalangan mahasiswa di Banjarmasin, pendekatan penelitian yang digunakan kuantitatif dan kualitatif, dengan sampel mahasiswa IAIN Antasari dan metode analisis Korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat korelasi yang singnifikan antara iklan kampanye dan pesan-pesan politik terhadap persepsi pemilih, dengan kata lain mahasiswa tidak terpengaruh oleh iklan kampanye dalam menentukan pilihan. Selain itu tingkat pendidikan, lingkungan sosial, lingkungan keluarga, sistem nilai yang dianut, dan lain sebagainya dapat berpengaruh terhadap persepsi pemilih.


Keywords


political advertising, political messages, new voters, iklan politik, pesan politik, pemilih pemula

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Samsul Rani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.